Otto Hasibuan Menilai Dugaan Pelanggaran TSM Seharusnya Ditujukan ke Bawaslu

Dunia Politik

Otto Hasibuan menilai dugaan dari pelanggaran yang terjadi merupakan Terstruktur,Sistematis dan Masif ( TMS ) yang disebut oleh tim hukum Ganjar – Mahfud kepada Prabowo – Gibran seharusnya diberikan kepada Bawaslu. ” Benar adanya pasal 475 UU pemilu yang mengatur mengenai bahwa apabila sengketa hasil pilpres itu ada di MK, tapi apabila soal TMS itu ada di Bawaslu”, kata Wakil Ketua Tim pembela Prabowo – Gibran ini setelah sidang pemeriksaan pendahuluan (PHPU) Pilpres di Mahkamah Konstitusi di jakarta pada hari Rabu, 27 Maret 2024.

Otto Hasibuan juga menilai tim hukum Ganjar – Mahrud menginginkan hakim membuat terobosan, namun hal itu merupakan salah besar karena terobosan baru bisa di ambil ketika tidak ada lagi aturan yang berlaku.

” Seperti contoh yang bisa kita ambil dulu TSM tahun 2014, tidak ada aturan mengenai TMS, sehingga Mahkamah mengambil terobosan dan menciptakan adanya aturan mengenai pelanggaran TSM tersebut, ucap Otto Hasibuan. Ia juga mengatakan sekarang mengenai persoalan TSM sudah diatur oleh UU Pemilu, sehingga menurutnya tidak ada lagi hak MK untuk mengambil suatu terobosan yang bersangkut atau bertentangan dengan perundangan yang sudah ada.

“Kepatuhan kita, kepatuhan MK juga harus tetap dijaga supaya tetap patuh terhadap UU yang sudah berlaku dan hukum acara yang telah diatur dalam UU tersebut,” ucapnya. Diketahui, di dalam permohonan yang di ajaukan oleh tim hukum dari Ganjar – Mahrud, disebutkan adanya dugaan pelanggaran TSM mengenai nepotisme yang di gunakan untuk memenangkan paslon 02 Prabowo – Gibran dengan 1 putaran.

Hari ini, Rabu, digelar sidang mengenai pemeriksaan pendahuluan PHPU Pilpres 2024 yang terbagi menjadi 2 sesi. Perkara 1, yakni permohonan yang diajukan pleh paslon nomor 01 yaitu Anis dan Muhaimin dengan nomor register 1/PHPU. PRES-XXII/2024, akan di laksanakan di jam 08:00 WIB – selesai. Perkara 2 yaitu permohonan yang diajukan oleh paslon no 03 Ganjar – Mahfud dengan nomor register 2/PHPU. PRES-XXII/2024, akan dimulai
pada jam 13:00 WIB – selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *