Lempar Kucing ke Laut Hanya Demi Konten Di Medsos, 2 Pemuda Jepara Langsung Diamankan

Dunia

Sebuah video di sosmed yang memperlihatkan kekerasan terhadap dua ekor kucing viral di media sosial. Polisi langsung turun tangan dan mengamankan dua orang pemuda warga Jepara tersebut. Video tersebut diunggah pada akun media sosial mereka, seperti akun Instagram @angga_anjal sehari yang lalu. Video itu awalnya memperlihatkan seorang pria yang memberi makan kepada dua ekor kucing secara bergantian.

Kemudian mereka melempar satu per satu kucing itu ke laut. Peristiwa tersebut diketahui terjadi di Pantai Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Dimintai konfirmasi, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengonfirmasi apa yang terjadi di video itu. Ia juga menyebut pelaku telah diamankan hari ini. ke Dua pelaku pria berinisial AB (26) dan AS (24).

“Kita telah berhasil mengamankan dua pelaku yakni AB (26) yang memposting video penyiksaan kucing ke media sosial dan AS (24) pelaku penyiksa kucing tersebut. Kemudian, kami lakukan pemeriksaan dan klarifikasi,” jelas Wahyu dimintai konfirmasi detikJateng, Jumat (29/3/2024). Dia menyebut pelaku merupakan pemuda Kecamatan Pakis Aji. Pelaku telah mengakui perbuatan kejinya tersebut.

“Mereka mengakui telah melakukan penyiksaan kucing lalu memposting video tersebut demi konten ke media sosial,” lanjutnya. Dari hasil pemeriksaan, kata dia, pelaku ingin membuat konten yang menarik sehingga bisa ditonton oleh jutaan orang sehingga dapat viral di media sosial. “Pelaku ingin membuat konten yang menarik agar bisa ditonton oleh jutaan orang,” terang dia.

Kini, kedua pelaku tersebut diminta untuk membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya di kemudian hari dan harus meninta maaf serta klarifikasi kepada masyarakat. Kepolisian juga menghimbau kepada masyarakat supaya saling menjaga hewan peliharaan. Menurutnya apabila tidak sanggup atau tidak suka memelihara, tidak dibenarkan melakukan kekerasan. Sebaiknya dilepas agar hewan tersebut bisa hidup bebas di alam.

“Apabila di kemudian hari terdapat perilaku berupa penganiayaan terhadap hewan dapat berpotensi dipidana dengan Pasal 302 KUHP, yaitu bahwa seseorang yang melakukan penganiayaan kepada hewan (baik ringan maupun berat) dapat dipidana maksimal 9 bulan dan denda maksimal Rp 400 ribu,” pucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *